Minggu, 12 Juni 2016

Kunjungan Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional
    

       Selain berkunjung ketaman mini Indonesia indah, kami juga berkunjung keperpustakaan nasional yang terletak di daerah di Jakarta, Indonesia. Perpustakaan ini memilik tugas menyimpan data-data dan informasi negara. Perpusnas juga merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepadaPresiden.Seperti kata pepatah, "buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya".
  
       Tetapi seakan terlupa, jika jendela tanpa rumah apa jadinya? Oleh karena itu perpustakaan adalah rumahnya.Banyak orang, bukan hanya siswa, tetapi mahasiswa, dan peneliti, bahkan orang yang hanya iseng buat baca-baca buku suka dating ke perpustakaan. Dan memang tidak bisa dipungkiri, bahwa perpustakaan adalah salah satu tempat referensi paling dicari sampai saat ini, walaupun banyaknya bacaan yang bisa di akses melalui internet.
  
     Di sana saya banyak mendapat ilmu pengetahuan dengan beberapa buku yang sayacari lewat pengetikan dan hanya saya baca sekilas, disana juga terdapat banyak fasilitas yang tentunya semakinmembuat orang yang berkunjung merasakan nyaman berada disana. Salah satu fasilitas yang ada dengan adanya seperti wifi/hospot, tempat membaca yang nyaman, serta terdapat ruang keanggotaan sendiri.
    




        Dan karena fasilitas yang memadai inilah yang membuat perpustakaan  nasional ini menjad ipusat orang-orang berkunjung jika ingin menyelesaikan tugas, ataupun dengan orang yang hanya sekedar berkunjung. Dalam masuk ke dalam perpustakaan nasional ini, kita diwajibkan untuk memiliki kartu keanggotaan terlebih dahulu. Perpusakaan nasional disini memiliki banyak buku mulai dari buku pelajaran, referensi, maupun yang lainnya anda hanya di minta untuk mengetik saja buku yang anda ingin baca atau cari nantinya jika masih ada akan terdaftar buku tersebut di dalam komputer. Kemudian untuk dapat membaca di perpustakaan nasional ini agak sedikit berbeda dengan perpustakaan lainnya, mungkin karena data yang telah terintegrasi dan terkomputerisasi dengan sangat lengkap , jadi diperlukan beberapa langkah dalam membaca buku. Tentunya harus sudah punya kartu perpustakaannya, jika belum anda bias langsung buat di tempat secara gratis. Adapun langkah – langkah membuat kartu perpustakaan nasional, pertama isi formulir di pc yang telah di sediakan. Disini diperlukan identitas. Setelah daftar, kita akan mendapat kode yang akan menjadi nomor di kartu perpustakaan nanti.
    
       Ambil kertas kecil yang telah disediakan dibelakang layar, tulis nomor tersebut beserta nama lengkap kita. Lalu, yang kedua serahkan kertas yang telah diisi kepada petugas di bagian pendaftaran. Setelah diserahkan  kita bias langsung foto di tempat sesuai dengan arahan yang ada.tunggu dicetak sekitar 1 menit, dan kartu perpustakaan pun jadi. Pembuatan kartu ini gratis, tanpa dipungut biaya. Setelah kartu jadi, tidak serta merta langsung bias digunakan untuk membaca.Karena ada beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk bias membaca atau mencari referensi di sini, tentu saja harus isi buku tamu, dan buku tamunya itu diisi secara elektronik, disediakan PC untuk tamu. Lalu tas yang dibawah oleh pengunjung bias langsung di letakkan di loker yang telah disediakan dengan terlebih dahulu menyerahkan kartu identitas agar bisa mendapatkan loker sendiri.


          Berbeda dengan perpustakaan lainnya, di perpunas ini kita mencari buku secara online dengan  mengetik buku apa yang kita inginkan dengan mencari nama pengarang ataupun judul buku yang kita cari. Terus langsung bisa baca? belum. Harus ke ruang catalog dulu, untuk mencari buku yang diinginkan.Jika sudah menemukan buku tersebut, langsung bisamembuat bon untuk meminjam buku itu tetapi, karena saya memang tidak berniat untuk meminjam buku. Maka dari itu, saya hanya melihat-lihat saja buku yang ada.Begitulah perjalanan kami pada saat di perpustakaan nasional, begitu banyak ilmu pengetahuan yang kami ambil, begitu banyak juga pelajaran yang kami ambil pada saat kami pergi ke perpustakaan tersebut.

Untuk memenuhi tugas softskill Matematika Dasar
Oleh Alfiah Wulandari (10515503)
Kelas : 1PA14
Kunjungan Perpustakaan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar