Senin, 06 Juni 2016

Film Bidadari-Bidadari Surga


Film Bidadari- Bidadari Surga



                Sebuah novel yang dijadikan sebuah film ini merupakan karya best seller dari Tere Liye. Adapun synopsis dari novel tersebut adalah mengenai seorang gadis yang merupakan anak sulung yang memiliki empat orang adik dari sebuah keluarga miskin.
  •  Sinopsis
Keluarga ini merupakan keluarga yang hidup disebuah desa terpencil yang berbatasan dengan hutan,oleh karena itulah Ayahnya Laisa, sang kepala keluarga meninggal dengan sangat na’as, beliau meniggal dicabik-cabik oleh binatang buas ketika masuk hutan untuk mencari kumbang.Laisa yang merupakan anak sulung dari keluarga itu, maka dia dengan sigap mengambil alih pengurusan rumah tangga. Dia dengan tegar terus membantu Ibunya untuknya mengurus ke empat adik-adiknya,bahkan dia memutuskan untuk berhenti sekolah demi menghemat biaya dan memprioritaskan adik-adiknya.

Tak terhitung pengorbanan Laisa demi adik-adiknya. Dia rela putus sekolah, dia menghabiska waktunya hanya untuk bekerja dan membantu Ibunya agar memiliki biaya yang cukup untuk sekolah ketiga adiknya. Dengan kata lain, Laisa tidak pernah memikirkan dirinya sendiri, dia hanya memikirkan kehidupan adik-adiknya. Dia berharap adik-adiknya akan bisa hidup danmeraih pendidikan yang tinggi hingga menjadi orang yang sukses.

Dalimunte,adik Laisa, anak kedua dari keluarga itu, juga sangat mengerti keadaan keluarga karenanya dia bertekad untuk belajar dengan giat agar bisa menjadi orang yang pintar dan dapat mengubah nasib kehidupan keluarga.Dengan usaha dan do’a, kebun strawberry  yang mereka garap berhasil menghasilkan buah yang berkualitas dan siap dikirim dengan harga yang mahal. Kesuksesan tersebut membuat Dali bisa bersekolah lagi. Selain itu keadaan ekonomi di lembah tersebut semakin maju.

Akhirnya kerja keras dari Laisa berbuah manis. Adik-adiknya kini menjadi orang-orang sukses yang bisa menjelajahi dunia. Adik-adiknya kini telah dewasa dan bertempat tinggal di Negara-negara yang berbeda dengan profesi yang berbeda-beda juga.Tiba saatnya adik-adik Laisa menikah, namun mereka engan mendahului kakaknya Laisa. Tapi Laisa berusaha menyakinkan adik-adiknya bahwa dia taka pa-apa, dia memaksa adik-adiknya untuk menikah.

Hingga ahirnya ketiga adik lekakinya kini telah memiliki keluarga masing-masing. Karen tak tega melihat keadaan kakaknya laisa yang tak kunjung menikah, maka adik pertamanya yang bernama dalimunthe menjodohkan laisa dengan beberapa orang yang berada di kantornya, tetapi mereka langsung mundur pada saat melihat foto laisa, mengingat kondisi fisik laisa yang sangat berbeda dari adik-adiknya. Dan akhirnya, dalimunthe bertemu dengan temannya yang bernama dharma, tujuan dharma datang kepada dalimunthe memang untuk mencari istri.

Tetapi dalimunthe diherankan, seinatnya dharma sudah mempunyai istri dan akhirnya dharma menjelaskan bahwa ia ingin mencari istri kedua, mengingat istrinya tidak bisa mempunyai anak, maka dari itu, dharma dipaksa sang istri untuk menikah lagi dengan perempuan lagi agar bisa mempunayi keturunan. Akhirnya pertemuan antara dharma dan laisa pun terjadi laisa mulai merasa senang akan kehadiran dharama di hidupnya, sampai suatu waktu laisa mengetahui bahwa dirinya ingin dijadikan istri kedua ia sempat marah.

Dan akhirnya ia imemikirkan perjuangan dharma untuk mencari jodoh untuknya. Dan akhirnya, ia pun bersedia menikah dengan dharama menjadi istri kedua .keesokan harinya menjelang hari pernikahan dharma mendengar kabar bahwa sang istri sedang hamil. Dan dharma pun bimbang apakah ia jadi untuk menikahi laisa sementara tujuannya untuk menikahi laisa sudah diwujudkan oleh istri yang dicintainya yaitu mempunyai anak.

Ditengah-tengah ijab Kabul dharma pun meminta maaf untuk tidak jadi menikahi laisa. Seluruh adik-adiknya laisa pun geram mendengar hal itu dan langsung menghakimi dharma, sejak saat itu laisa bertekad bahwa ia tidak ingin menikah ia hanya ingin tinggal brsama ibu dan adik-adiknya saja . dan Sisa si bungsu, Yhasinta, dia bersikukuh untuk tetap tidakmenikah sebelum kakaknya Laisa menikah. Dan laisa pun langsung meminta pacar dari yashinta agar segera melamar dan akhirnya mereka bertunangan .

Hingga ahirnya semua keluarga berkumpul kembali didesa mereka yang kini telah menjadi ladang strawberry sepanjang mata memandang. Mereka dipanggil pulang oleh Ibu karena Laisa ternyata mengidap penyakit kanker yang kini telah stadium ahir dan hanya tinggal menunggu ajal menjemput.Mereka pulang  kerumah dan menyaksikan kakaknya lemah tak berdaya digerogoti oleh penyakit mematikan itu. Yashinta yang dating bersama kekasihnya masih belum ingin menikah meski Laisa meminta mereka untuk segera menikah sebelum dia meninggal.

Awalnya Yhasinta tetap menolak untuk mendahului kakaknya. Namun karena kalimat kakaknya yang sangat menyentuh hatinya, Laisa ingin melihat Yhasinta sebelum dia meninggal karena dia sudah tidak bias hidup ebih lama lagi. Dan benar yang dikatakan oleh Laisa, sesaat setelah Ijab Kabul yang dilakukan didepan Laisa yang terbaring lemah di tempat tidur, saat itu pula Laisa menghembuskan napas terahirnya.

  • Kesimpulan
Pelajaran yang bisa kita ambil dari novel yang dijadikan film tersebut banyak sekali salah satunya adalah tentang sebuah tanggung jawab seorang kakak terhadap adik-adiknya. Dia rela mengubur impiannya demi impian adik-adiknya kelak. Ia rela menaruh hidupnya diatas hidup adiknya yang dia yakini ketiga adiknya akan hidup sukses nantinya.Dan juga perjuangan seseorang dalam mengembangkan bisnis keluarganya agar tetap menjadi bahan buat membiayai adik-adiknya hingga lulus sarjana.

Dia rela melakukan apapun agar adik-adiknya dapat bersekolah setinggi mungkin, melihat adik dan ibunya bahagia itu sudah merupakan sebuah kesenangan yang tiada terhingga bagi laisa karena bagi laisa senyum dan kesuksesan mereka adalah segalanya. Walaupun harus mengubur impian dan masa depannya.Dalam film ini menggambarkan arti pengorbanan seorang kakak yang ingin memperjuangkan impian adiknya.

Itu menjadi sebuah pelajaran hidup agar yang dapat menggugah banyak orang termasuk saya dalam memberikan pengorbanan bagi keluarga merupakan sebuah tindakan yang tidak gampang hanya orang-orang tertentu yang bisa melakukan pengorbanan tersebut.

 Untuk memenuhi tugas Softskill Matematika Dasar
 Oleh Alfiah Wulandari (10515503)
 Kelas : 1PA14 
Paper 11 
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar