Senin, 06 Juni 2016

Pengaruh gadget terhadap perkembangan otak di kalangan anak-anak

Pengaruh gadget terhadap perkembangan otak di kalangan anak-anak.


Gadget pada masa sekarang ini merupakan benda ataupun alat yang sangat digemari sema kalangan termasuk kalangan kanak-kanak maupun balita yang biasa mereka gunakan untuk bermain games yang mereka sukai. Ya, perkembangan teknologi memang membawa dampak positif maupun negatif bagi kehidupan kita. Salah satu dampak positif yang akan terjadi anak akan menjadi semakin pintar dalam mengoperasikan sendiri serta menemukan hal yang baru yang dapat menambah ilmu pengetahuan dari gadget yang mereka punya. 




Selain itu, anak juga dapat belajar bahasa inggris dari beberapa operasi dalam gadget tersebut yang pada dasarnya operasi seperti menu, dan membuka sebuah aplikasi menggunakan bahasa inggris secara tidak langsung memori anak mengenai kata-kata yang ia temukan di dalam gadget dapat dicerna dengan sendirinya dalam otak mereka. Selanjutnya ilmu pengetahuan dari gadget juga dapat kita temukan jika kita mendowload sebuah aplikasi games yang dapat mengasah kepintaran anak contohnya seperti medownload berbagai permainan tebak kata, ataupun tebak gambar maupun tebak hewan. 
Permainan tersebut bukan hanya dapat menambah ilmu pengetahuan anak tentang berbagai macam kata maupun hewan tetapi juga dapat menciptakan suasana belajar yang seru dan tentunya menyenangkan bagi anak. Selain itu, penambahan ilmu pengetahuan bahasa inggris juga dapat dipelajari lewat alunan musik yang melantunkan lirik yang menggunakan bahasa inggris dari gadget. Karena pada dasarnya anak-anak dapat dengan cepat menangkap informasi dan pengetahuan yang ada di dalam otaknya.

Maka dari itu, anak- anak yang diberikan ilmu pengetahuan sejak balita atau bahkan sejak bayi akan menjadi lebih pintar dan dapat dengan mudah menangkap pelajaran dibandingkan dengan anak yang baru dikenalkan berbagai ilmu pengetahuan sejak anak umur diatas 7 tahun sampe 8 tahun karena, mereka sudah terbiasa menerima informasi sejak bayi jadi akan terbawa sampai nanti ia dewasa.




Selain dampak positif, gadget juga dapat memberikan dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang akan terjadi adalah kesehatan mata anak, biasanya jika terlalu lama menggunakan gadget mata akan terasa sakit karena cahaya yang terlalu terang yang ada pada gadget tersebut. Dan juga jika terlalu sering menggunakan gadget mata anak akan menjadi rusak dan kemungkinan akan menderita penyakit mata minus atau myopi.


Selain kesehatan mata pada anak, dampak negatifyangkemungkinan akan terjadi adalah dengan adanya gadget anak akan menjadi sulit untuk melepas gadget dari hadapannya dalam arti anak yang sudah terbiasa memakai gadget akan ketergantungan pada gadget tersebut dan tidak memikirkan pendidikannya. Serta gadget juga bisa dijadikan membuka situs yang tidak sewajarnya dilihat oleh anak-anak mengingat pergaulan di negeri ini yang sudah tecampur dengan pengaruh negative yang nantinya dapat merusak moral anak.

Maka dari itu, pemakaian gadget terhadap anak-anak perlu pengawasan khusus dari orang tua pastikan anak anda memakai gadget untuk melakukan hal yang positif terutama dalam hal menambahkan ilmu pengetahuan yang bisa di dapat dari gadget tersebut. Gadget dapat berguna sangat penting dan berguna bagi siapapun dalam hal untuk memajukan teknologi terutama dalam menambah ilmu pengetahuan bukan hanya untuk kalangan anak-anak, tetapi berlaku untuk semua kalangan jika tidak ada pengaruh negatif yang dapat membuat seseorang menyalahgunakan kemajuan teknologi yang berbentuk gadget tersebut.

Peliharalah moral anak-anak kita sedini mungkin agar kemajuan teknologi yang pesat dapat berdampak baik bagi kita akan terus berguna bagi kehidupan kita dimasa mendatang.

Untuk memenuhi tugas Softskill Matematika Dasar
Oleh Alfiah Wulandari
Kelas : 1PA14 
Paper 5  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar