Minggu, 05 Juni 2016

Kunjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah 
(TMII)


       Kali ini saya akan  menjelaskan serta memaparkan beberapa penelitian saya saat saya berkunjung ke taman mini, tepatnya pada hari kamis tanggal 17 mei saya dan teman- teman saya berkunjung dengan maksud melakukan  penelitian dalam rangka menjalankan tugas matematika dasar yang telah diberikan kepada kita. Di sana, kami berkunjung ke museum iptek yang di dalamnya banyak alat perkembangan teknologi yang sangat membuat kami terkagum- kagum melihatnya. 



          Disana terdapat berbagai macam alat dari mulai alat perkembangan teknologi. Di mulai dengan salah satu kerangka transportasi pesawat yang sudah di tampilkan di depan museum iptek ini.


       Kerangka yang ditampilkan adalah roda pendaratan utama pesawat AIRBUS A300-B4  yang dijadikan sebagai alat yang dapat berfungsi untuk menjalankan pesawat. Tanpa kerangka yang satu ini pesawat tidak akan mungkin dapat berjalan dengan baik.   Roda pendaratan utama ini harus dapat dikendalikan dengan mudah dan aman, kendali roda pendarat dioperasikan secara hidrotik. Struktur pendaratan ini harus kokoh dan mampu menahan beban pesawat yang sangat besar. Berikut ini, merupakan keterangan yang jelas tentang kerangka pesawat tersebut.


        Lalu, di sisi bagian samping pintu masuk museum terdapat bentuk robot besar berwarna kuning yang tentunya sudah populer dikalangan remaja. Bagi orang yang sangat menyukai film action tentunya sudah sangat mengetahui bentuk robot ini ada di dalam film apa. Ya, robot ini juga dijadikan salah satu favorit untuk dijadikan tempat selfie bagi orang yang senang mengekspresikannya lewat objek yang ada.


         Selain itu,  setelah kami masuk ke dalam ternyata bukan hanya alat teknologi saja yang ada disini, museum ini pun menyediakan berbagai gambaran tokoh penting agar pengunjung dapat mengenal tokoh-tokoh di dunia. Beberapa tokohnya seperti galileo, goftfred, wilhem, ardussalam, albert eisten,dan plato yang tentunya mempunyai peranan penting dari masing-masing tokoh tersebut.






        Selanjutnya, kami juga melihat berbagai macam bentuk wujud dari beberapa binatang purba. Jika kita membeicarakan binatang purba pasti tidak terlepas dari binatang yang bertubuh besar dan mempunyai wajah yang sangat ganas. Memang tidak semua binatang purba bertubuh besar, tetapi mayoritas binatang purba bertubuh besar dan ganas.Ya, pada zaman dahulu memang banyak binatang ganas beberapa contohnya adalah dari bentuk tubuh binatang purba ini yang terlihat besar dan ganas. Ya diantaranya ada tyrannosaurus, Triceratops dan sebagainya yang berbadan bedar dan ganas.

  • Tyrannosaurus

  • Triceratops 
        Selanjutnya, kami beranjak naik menuju lantai kedua, dimana pada lantai kedua ini terdapat beberapa alat teknologi baik, dari segi teknologi biologi, fisika, maupun dari teknologi mesin seperti robot. Salah satu teknologi dari segi biologi ada beberapa macam alat yang mempunyai fungsi tersendiri dari masing-masing alat yang ada.





        Salah satu contohnya, disana terdapat anatomi tubuh manusia yang dapat disusun sendiri bagian-bagian  yang ada, dengan begitu kita akan mengetahui organ organ yang mana yang bisa untuk di cocokkan dalam suatu kerangka tubuh yang ada.


       Lalu, ada juga salah satu alat yang menunjukkan mekanisme pernapasan manusia seperti apa, di dalam alat tersebut terdapat sebuah paru-paru yang seolah olah kita milhat sendiri pada saat manusia sedang bernapas. Dan disamping alat tersebut juga telah disediakan berupa tombol agar kita bisa langsung mencoba alat tersebut dan perhatikan benda yang berbentuk seperti per tersebut akan mengembang dan mengempis seperti paru-paru yang sedang bernapas. Berikut ini, adalah beberapa keterangan mengenai alat tersebut.


       Kemudian ada juga alat yang bernama voice box adalah alat yang dapat menghasilkan suara dari alat tersebut yang menimbulkan beberapa suara yang biasa kita sebutkan yaitu ah, er,oh, dan sebagainya, dengan alat ini kita bisa mengetahui suara kita bersumber darimana. Serta, diberikan sedikit pengetahuan tentang sumber suara pada manusia.



         Dan ada juga alat yang berhubungan dengan sepeda di sediakan berbentuk tengkorak yang sedang menaiki sepeda, alat ini dinamakan pak belulang , dan kita dianjurkan untuk baik dan mengayuh sepeda yang telah disediakan amatilah arah kaki tengkorak tersebut apakah sama atau tidak. Tentunya akan sama karena antara tulang yang satu dengan yang lain saling berhubungan tulang dapat membantu kita dalam bergerak.



      Bukan hanya dalam teknologi biologi saja, ada juga teknologi dari segi  fisika salah satu diantaranya adalah alat  berikut ini :


        Alat ini dinamakan dengan jembatan lengkung ya, alat ini adalah alat yang kita diharuskan untuk menyusun balok terlebih dahulu diatas penumpu, kemudian lepaskan penumpu tersebut dengan cara menariknya, dan kita dapat berjalan diatas jembatan yang berisi balok tanpa ada penumpu dibawahnya, apakah jembatan tersebut akan tetap kokoh pada saat anda berdiri diatasnya, setelah saya coba jembatan tersebut tetap kokoh dan pada saat saya membaca keterangan yang ada ternyata jembatan ini tetap kokoh karena gaya berat lengkungan dipusatkan di kedua tepiannya sehingga lengkungan tetap berdiri tegak  walaupun ada beban disuatu tempat.


       Lalu , ada juga alat yang dapat menghasilkan bola tetap  ada diatas alat ini tanpa ada yang memegang sedikitpun. Diketahui bahwa bola ini masih tetap berada di atas alat tersebut dikarena ada angin magic dan tekanan udara yang kuat yang membuat bola itu tetap bisa berada diatas alat tersebut tanpa ada yang memegangnya.
   
        Kemudian, disana juga terdapat alat teknologi dari segi mesin. Kita dikenalkan dengan berbagai mesin yang ada didalam motor dan juga mesin yang ada didalam mobil bahkan mesin yang ada didalam pesawat dan kerangka pesawat yang ada berikut ini adalah beberapa gambar yang dapat saya ambil, pada saat saya berkunjung ke museum tersebut.









       Bukan hanya ke museum saja, tetapi kami juga mencoba untuk menikmati wahana 4 dimensi yang ada di taman mini indonesia tersebut, dan juga kami sempat melihat beberapa tempat atau wahana rumah rumah adat yang ada disanaa. Bagi saa, berkunjung ke taman mini indosnesia bukan hanya bisa menambah ilmu pengetahuan melainka juga bisa menghilangkan penat karena wahana yang telah disediakan disana.


Untuk memenuhi tugas Softskill Matematika Dasar
oleh Alfiah Wulandari (10515503)
Kelas  : 1PA14
Kunjungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar