Senin, 06 Juni 2016

Film My Idiot Brother

Film My Idiot Brother.


  My Idiot Brother merupakan buku karya Agnes Davona yang akan meramaikan perfilman Indonesia pada 2014. Buku My Idiot Brother bukan karya Agnes Davona pertama yang diangkat ke layar lebar. Karya-karya sebelumnya juga sukses difilmkan. Contohnya “Ayah Mengapa Aku Berbeda?” dan “Surat Kecil Untuk Tuhan”.  

  • Sinopsis

Di film ini dikisahkan tentang Angel seorang gadis remaja berusia 15 tahun yang mempunyai kakak idiot. Jika umumnya seorang kakak harus lebih dewasa dari adiknya, ini justru berbanding terbalik. Meski umurnya 10 tahun lebih tua dari Angel, sikap Hendra seperti anak kecil. Hal inilah yang membuat kedua orangtuanya memberikan perhatian ekstra kepada Hendra. Dan ini tak dipermasalahkan oleh Angel, karena memang sang kakak membutuhkan perhatian yang lebih.Dari kecil hingga beranjak remaja, Angel tak pernah mempermasalahkan kakaknya yang idiot.

Angel sangat sayang Hendra. Keduanya bisa dibilang rukun, selalu main berdua, nonton tv berdua, pokoknya akur deh. Tapi sayang, keakraban antara kakak dan adik ini sirna begitu saja sejak Angel masuk SMP.Renggangnya hubungan Hendra dan Angel ini dilatarbelakangi oleh ejekan-ejekan teman Angel di sekolah, terutama Agnes. Agnes bisa dibilang paling semangat kalau soal bully Angel.

Sampai suatu ketika, mamah dan Hendra menjemput Angel di sekolah. Melihat mamah dan kakaknya ada di gerbang sekolah, Angel justru kabur lewat gerbang belakang. Apa alasannya? Tidak salah lagi, alasannya karena Angel takut jadi bahan ejekan teman-temannya.Sesampainya dirumah, mamah marah besar kepada Angel. Namun dengan emosi yang menggebu-gebu, Angel justru mengungkapkan isi hatinya bahwa ia malu memiliki kakak idiot.

Emosi mamah pun semakin memuncak, hingga akhirnya menampar Angel. Hingga akhirnya, Hendra berusaha untuk menenangkan mamah.Keesokan harinya, di sekolah Angel terpana akan ketampanan dan kemahiran seorang cowok dalam bermain basket, namanya Aji. Ternyata Aji adalah kecengan dari Agnes, musuh bubyutan Angel. Namun entah bagaimana ceritanya Angel berhasil mendekati Aji. Bahkan Aji mengundang Angel untuk datang ke ulang tahunnya.

Awalnya Angel kebingungan mencari uang untuk beli kado buat Aji. Namun kakaknya yang baik hati itu justru setulus hati memberikan semua isi celengannya. Dan sebenarnya, uang di celengan itu, Hendra kumpulkan untuk membeli hadiah ulang tahun buat Angel.Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, Angel datang ke ulang tahun Aji. Namun ternyata kadonya ketinggalan di rumah.

Mau balik lagi, tapi acara udah keburu mulai. Dan ternyata, Aji memberikan potongan kue pertamanya untuk Angel. Di satu sisi Angel senang, namun di sisi lain ia malu karena tak membawa kado.Namun ternyata Hendra datang dan bermaksud untuk membawakan kado itu. Kedatangan Hendra menarik perhatian banyak orang, termasuk Agnes.

Hal inilah yang membuat Angel malu dan memutuskan untuk meninggalkan pesta itu.Angel terus berlari, berusaha menghindar dari Hendra. Di tengah jalan ada mobil yang melaju kencang dan akhirnya menabrak Angel. Hendra langsung membawa Angel ke rumah sakit. Kecelakaan tersebut membuat kaki Angel patah dan matanya buta. Beruntunglah, Hendra mau mendonorkan kedua matanya untuk Angel.

Setelah koma selama berhari-hari Angel tersadar. Dan entah kenapa orang pertama yang ia cari adalah Hendra, kakaknya yang idiot. Ternyata, Hendra dalam keadaan kritis setelah mendonorkan kedua matanya untuk Angel. Hingga akhirnya, Hendra harus pergi selama-lamanya.


  • Kesimpulan

           Dari sinopsis diatas dapar disimpulkan bahwa film ini memberikan pelajaran yang bermanfaat untuk kita bahwa, dalam hidup kita harus bisa menerima kondisi keluarga kita, mau dia lumpuh, cacat, bahkan autis sekalipun. Karena, bagaimana pun kondisi keluarga kita itu adalah titipan dari allah yang harus kita jaga dan rawat. Salah satu amanat yang dapat diambil dari film ini adalah kita harus menerima apapun keadaan saudara kita dengan ikhlas, dan jangan malu dengan keadaan saudara kita tersebut.          
   
              Seharusnya sebagai saudara kita harus saling membantu dan saling menyanyangi, sebab tak ada yang lebih berharga di dunia ini selain seorang saudara, apalagi seorang kakak kandung. Rasa malu tidak akan bisa untuk merubah keadaan yang ada, tidak akan bisa membuat hidup kita tenang bahkan hanya bisa membuat hidup kita menjadi tidak tenang. Terimalah dengan ikhlas karena akan ada hikmah dibalik semua ujian yang diberikan oleh Allah swt. Film ini juga menggambarkan tentang seorang kakak yang sangat menyayangi adiknya, ia tidak perduli dengan perlakuan adiknya yang merasa malu dengan kondisi fisik dirinya. Yang terpenting adalah adiknya bahagia, dia rela melakukan apapun demi membahagiakan adiknya, bahkan nyawa sekalipun taruhannya. Ya, menyayangi saudara adalah sudah menjadi kewajiban kita sebagai manusia.  Apalagi menyayangi seorang adik juga merupakan kewajiban kita dan membimbingnya ke jalan yang benar merupakan tanggungjawab kita sebagai seorang kakak.

Untuk memenuhi tugas softskill Matematika Dasar 
Oleh Alfiah Wulandari (10515503)
Kelas : 1PA14
Paper 9 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar